Bom Berkatan..!!

23 Apr

Terjemahan :

Kidung > “Makannya Roti, minumnya jus sirsak dan alpokat….Hati-hati saat ini banyak teroris yang nekat”

Cergam :

Hari Senin cak Sur mampir ke rumah pakde Boy sambil membawa oleh-oleh dari Bali, setelah seminggu liburan di kota dewata. “Pakde Boy ini saya bawain oleh-oleh dari Bali..!!” sapa cak Sur ketika dipersilakan masuk ke rumah pakde Boy. “Wah nggak usah repot-repot Sur!!…aku kawatir kamu salah bawa oleh-oleh ntar isinya malah paket bom bisa meledak gimana…??” sahut pakde Boy menolak pemberian cak Sur. Setelah dua hari kemudian cak Sur datang lagi ke rumah pakde Boy sambil bawa beberapa bendel buku.”Pakde Boy aku minta tanda tangan pakde buat laporan keuangan tahunan kampung kita..!” ujar cak Sur sambil menyodorkan bendel buku yang lumayan tebal ke pakde Boy selaku ketua warga kampung Kalimas. “Maaf ya Sur aku nggak bersedia tandatangan bukan karena tidak bertanggung jawab tapi aku kawatir itu bom buku seperti kasus kiriman bom buku yang dialami Ahmad Dhani beberapa waktu lalu”. Timpal pakde Boy bergidik mengingat kiriman bom buku itu. Dan pada hari Sabtu kemudian salah satu warga kampung Kalimas mengadakan hajatan khitan anaknya, terus membagi-bagikan kotak slamatan. Cak Sur kebetulan diberi amanah mengirimkan kotak slamatan itu ke pakde Boy, sesampai di rumah pakde Boy “Ini pakde aku bawa kotak nasi dari acara khitan anaknya cak Urip warga kita…masak pakde nolak lagi…kan ini rejeki..!!” teriak cak Sur sumringah. Langsung di balas pakde “Kamu kan sudah aku kasih tau kalo saya ini nggak mau trima segala bentuk kiriman…soalnya sekarang lagi marak bom meletus dimana2 Sur!!”. Dengan jengkel akhirnya cak Sur punya ide membuka kotak nasi itu dan langsung lahap memakannya di depan pakde Boy “Ya sudah pakde kalo nggak mau rejeki…aku makan aja sekarang mumpung lagi laper menunya spesial lagi ….hehehehe” sahut cak Sur enteng sambil langsung lahap. “Waduuhhh ternyata kotak nasi beneran toh..!!! SUR!!!….kalo kamu mau bunuh diri menghabiskan nasi itu ya kebangetan Sur!! Sisain sedikit buat aku Sur!! Teriak pakde Boy yang ternyata juga pengen makan nasi kotakan itu.

Ilustrasi

Berikut secara kronologis, daftar serangan bom di Indonesia sejak tahun 2000 yang mengakibatkan korban tewas dan luka-luka :

01 Agustus 2000
Bom meledak di depan kediaman Duta Besar Filipina di Jakarta. Dua orang terbunuh.

13 September 2000
Ledakan di gedung Pasar Bursa Jakarta. Lima belas orang meninggal, puluhan cedera.

24 Desember 2000
Rangkaian serangan di gereja-gereja Jakarta dan kota-kota lain. Menewaskan 17 orang. Lebih dari 100 orang mengalami luka-luka.

12 Oktober 2002
Dikenal sebagai Bom Bali, aksi itu menyerang sebuah klub di Kuta, Bali dan menewaskan 202 orang tewas, kebanyakan turis asing. 88 orang diantaranya warga Australia. Ratusan orang terluka.

05 Desember 2002
Ledakan bom di rumah makan McDonald di Makassar, Sulawesi. Tiga orang terbunuh.

05 Agustus 2003
Serangan bom pertama terhadap hotel JW Marriott di Jakarta. Dua belas korban tewas, termasuk seorang warga Belanda. Lebih dari 150 orang terluka.

10 Januari 2004
Bom meledak di lokasi  karaoke, Kafe Sampodo di Palopo, Sulawesi. Empat orang meninggal dunia.

09 September 2004
Bom mobil berkekuatan 1 ton meledak di depan Kedutaan Australia, Jakarta. Menewaskan 10 warga Indonesia. Lebih dari seratus orang cedera.

13 November 2004
Ledakan di dekat kantor polisi Kendari, Sulawesi. Lima orang tewas, empat orang terluka.

28 Mei 2005
Bom di pasar Tentena, Sulawesi. Menewaskan 22 orang dan menyebabkan 90 cedera.

31 Desember 2005
Bom meledak di sebuah pasar Palu, Sulawesi. Delapan orang tewas dan sedikitnya 48 orang lainnya terluka.

01 Oktober 2005
Serangan bom bunuh diri di dua lokasi Jimbaran dan Kuta, Bali. 20 orang tewas dan 129 orang lainnya luka-luka.

17 Juli 2009
Hotel JW Marriott kembali menjadi target serangan bom beruntun, berikut dengan ledakan bom di hotel Ritz-Carlton, Jakarta. Sampai kini diketahui, delapan orang meninggal dan 42 orang cedera.

15 Maret 2011
tiga paket bom buku ditujukan kepada aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar-Abdalla, Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) Yapto S Soerjosoemarno, dan Kepala Pelaksana Harian BNN Komjen Pol Gorries Mere . Bom itu akhirnya meledak ketika sedang dijinakkan polisi. Tangan Kasat Reskrim Dodi Rahmawan putus.

17 Maret 2011
Ahmad Dhani juga kebagian bom buku yang dikirim oleh seseorang bernama Alamsyah Muchtar, warga Jalan Darmaga No 21 Bogor, Jawa Barat. Namun, paket berupa buku yang dibungkus amplop coklat itu baru diketahui pada Kamis (17/3/2011) pagi dan telah diledakkan oleh tim Gegana.

 15 April 2011  

Peristiwa ledakan bom yang terjadi di Masjid Polres Cirebon, Jumat (15/4/2011) menewaskan seorang pria yang diduga sebagai pelaku peledakan bom. Sekitar 25 orang yang menjadi korban akibat ledakan tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit, satu di antaranya Kapolresta Cirebon AKBP Herukoco.

Advertisements

2 Responses to “Bom Berkatan..!!”

  1. penikmatfajar April 23, 2011 at 3:48 am #

    Su….paranoid..
    Waspada perlu..parno..noway
    Hehehe

    • messoirawan May 5, 2011 at 2:51 am #

      prasaan komenmu mesti parno ikutan hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: